Cara Membuat Rumah Menggunakan OpenGL
CARA MEMBUAT
RUMAH DENGAN OPENGL
1.
Buka NetBeans IDE v8.2.
2.
Kita Buat New Project, dengan cara “Klik File -> New Project -> JAVA -> Java Application -> Next>” Kemudian Kita berinama Bebas.
3.
Kemudian akan tampil seperti ini.
4.
Setelah itu kita Masukan Library terlebih dahulu, dengan cara “Klik Kanan pada folder Libraries -> Add
Library” kita cari LWJGL kemudian Add
Library.
5. Jika sudah maka akan muncul seperti ini.
6.
Lalu kita ketikan seperti ini.
7.
Kemudian akan muncul tanda Kuning,
seperti ini.
8. Lalu Ketikan di dalam “public class Bebas”, kita isi source kode nya dibawah ini
public void start(){
try{
Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
Display.create();
}
catch (LWJGLException e){
e.printStackTrace();
System.exit(0);
}
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
GL11.glLoadIdentity();
GL11.glOrtho(0,
800, 0, 600, 1, -1);
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);
//
init OpenGL here
while (!Display.isCloseRequested()){
//render OpenGL here
GL11.glPointSize(5);
GL11.glColor3f(1,1,0);
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*RUANGAN*/
GL11.glVertex2i(100,155);
GL11.glVertex2i(100,50);
GL11.glVertex2i(250,50);
GL11.glVertex2i(250,155);
GL11.glVertex2i(100,155);
GL11.glEnd();
Display.update();
}
Display.destroy();
}
9. Setelah kita masukan source kode
di atas, maka tanda Kuning sebelum nya akan hilang.
10. Kita masukan lagi source
kodenya didalam public static void
main(String[] args)seperti dibawah ini.
Bebas
displayExample = new Bebas();
displayExample.start();
11.
Setelah itu, kita Run lalu akan muncul Output-nya seperti ini.
12.
Untuk memperbaiki tersebut, Kita
pilih “Klik kanan pada Nama Project Bebas-> Properties”
maka akan muncul seperti ini.
13.
Kita pilih Run dimenu itu kemudian ketikan“-Djava.library.path=”pada VM Optian, lalu akan muncul seperti ini.
14.
Kemudian, kita Buka Windows Explorer lalu buka Folder LWJGL yang kalian simpan (Saya di Local
Disk C:) Kemudian pilih “lwjg2.9.1 ->
native -> windows” lalu kita copy-kan
URL/Linknya.
15.
Kemudian Paste pada VM Options yang
ada di Run, Setelah itu OK dan coba di Run
16.
Maka akan muncul seperti ini.
17.
Setelah itu kita buat resplangnya dengan ketikan
source kode dibawah ini.
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*RESPLANG*/
GL11.glColor3f(0,1,1);
GL11.glVertex2i(50,160);
GL11.glVertex2i(50,155);
GL11.glVertex2i(300,155);
GL11.glVertex2i(300,160);
GL11.glVertex2i(50,160);
GL11.glEnd();
Maka akan muncul seperti ini.
18.
Untuk Membuat atapnya kita ketikan
source kode dibawah ini.
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*ATAP*/
GL11.glColor3f(1,0,0);
GL11.glVertex2i(175,230);
GL11.glVertex2i(50,160);
GL11.glVertex2i(300,160);
GL11.glVertex2i(175,230);
GL11.glEnd();
Maka akan muncul seperti ini.
19.
Untuk Membuat Pintu dan Jendelanya kita ketikan seperti
di bawah
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PINTU*/
GL11.glColor3f(0,0,1);
GL11.glVertex2i(160,100);
GL11.glVertex2i(160,50);
GL11.glVertex2i(190,50);
GL11.glVertex2i(190,100);
GL11.glVertex2i(160,100);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*JENDELA 1*/
GL11.glColor3f(0,0,1);
GL11.glVertex2i(130,100);
GL11.glVertex2i(130,60);
GL11.glVertex2i(150,60);
GL11.glVertex2i(150,100);
GL11.glVertex2i(130,100);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*JENDELA 2*/
GL11.glColor3f(0,0,1);
GL11.glVertex2i(200,100);
GL11.glVertex2i(200,60);
GL11.glVertex2i(220,60);
GL11.glVertex2i(220,100);
GL11.glVertex2i(200,100);
GL11.glEnd();
Maka akan muncul seperti ini.
20.
Untuk menambahkan Pagar kita masukan sourcenya seperti
di bawah ini.
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(30,40);
GL11.glVertex2i(30,0);
GL11.glVertex2i(40,0);
GL11.glVertex2i(40,40);
GL11.glVertex2i(30,40);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 2*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(140,40);
GL11.glVertex2i(140,0);
GL11.glVertex2i(150,0);
GL11.glVertex2i(150,40);
GL11.glVertex2i(140,40);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(40,10);
GL11.glVertex2i(140,10);
GL11.glVertex2i(140,15);
GL11.glVertex2i(40,15);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 2*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(40,25);
GL11.glVertex2i(140,25);
GL11.glVertex2i(140,25);
GL11.glVertex2i(140,30);
GL11.glVertex2i(40,30);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 3*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(200,40);
GL11.glVertex2i(200,0);
GL11.glVertex2i(210,0);
GL11.glVertex2i(210,40);
GL11.glVertex2i(200,40);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 4*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(311,40);
GL11.glVertex2i(311,0);
GL11.glVertex2i(320,0);
GL11.glVertex2i(320,40);
GL11.glVertex2i(311,40);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 3*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(211,10);
GL11.glVertex2i(311,10);
GL11.glVertex2i(311,15);
GL11.glVertex2i(211,15);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 4*/
GL11.glColor3f(1,1,1);
GL11.glVertex2i(211,25);
GL11.glVertex2i(311,25);
GL11.glVertex2i(311,30);
GL11.glVertex2i(211,30);
GL11.glEnd();
Maka akan muncul seperti ini.
21.
Untuk Menambahkan hiasan bunga,
kita tambahkan source kodenya dibawah ini.
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*CARPOT*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(155,50);
GL11.glVertex2i(155,-10);
GL11.glVertex2i(195,-10);
GL11.glVertex2i(195,50);
GL11.glVertex2i(150,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*LANTAI*/
GL11.glColor3f(0,1,1);
GL11.glVertex2i(160,50);
GL11.glVertex2i(160,45);
GL11.glVertex2i(190,45);
GL11.glVertex2i(190,50);
GL11.glVertex2i(160,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*POT*/
GL11.glColor3f(0,1,1);
GL11.glVertex2i(280,40);
GL11.glVertex2i(285,40);
GL11.glVertex2i(290,50);
GL11.glVertex2i(275,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*BUNGA*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(282,50);
GL11.glVertex2i(284,50);
GL11.glVertex2i(284,90);
GL11.glVertex2i(282,90);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA
2*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(284,50);
GL11.glVertex2i(298,80);
GL11.glVertex2i(300,80);
GL11.glVertex2i(286,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*BUNGA 3*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(282,50);
GL11.glVertex2i(267,80);
GL11.glVertex2i(265,80);
GL11.glVertex2i(280,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*POT 2*/
GL11.glColor3f(0,1,1);
GL11.glVertex2i(65,40);
GL11.glVertex2i(70,40);
GL11.glVertex2i(75,50);
GL11.glVertex2i(60,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*BUNGA 4*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(69,50);
GL11.glVertex2i(69,90);
GL11.glVertex2i(67,90);
GL11.glVertex2i(67,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*BUNGA 5*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(69,50);
GL11.glVertex2i(84,80);
GL11.glVertex2i(86,80);
GL11.glVertex2i(71,50);
GL11.glEnd();
GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON);
/*BUNGA 6*/
GL11.glColor3f(0,1,0);
GL11.glVertex2i(67,50);
GL11.glVertex2i(52,80);
GL11.glVertex2i(50,80);
GL11.glVertex2i(65,50);
Maka akan muncul seperti di
bawah ini.


















Komentar
Posting Komentar