Cara Membuat Rumah Menggunakan OpenGL

CARA MEMBUAT RUMAH DENGAN OPENGL

1.       Buka NetBeans IDE v8.2.
2.       Kita Buat New Project,  dengan cara “Klik File -> New Project -> JAVA -> Java Application -> Next>” Kemudian Kita berinama Bebas.






 3.       Kemudian akan tampil seperti ini.
4.       Setelah itu kita Masukan Library terlebih dahulu, dengan cara “Klik Kanan pada folder Libraries ->  Add Library” kita cari LWJGL kemudian Add Library.




 5.   Jika sudah maka akan muncul seperti ini.
6.       Lalu kita ketikan seperti ini.
7.       Kemudian akan muncul tanda Kuning, seperti ini.
8. Lalu Ketikan di dalam “public class Bebas”, kita isi source kode nya dibawah ini
  
public void start(){
        try{
            Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
            Display.create();
        } catch (LWJGLException e){
            e.printStackTrace();
            System.exit(0);
    }
        GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
                GL11.glLoadIdentity();                     
                GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
                GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);
        // init OpenGL here
        while (!Display.isCloseRequested()){
            //render OpenGL here
           GL11.glPointSize(5);
           GL11.glColor3f(1,1,0);
           GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*RUANGAN*/
                  GL11.glVertex2i(100,155);
                GL11.glVertex2i(100,50);
                GL11.glVertex2i(250,50);
                GL11.glVertex2i(250,155);
                GL11.glVertex2i(100,155);
            GL11.glEnd();



            Display.update();
        }
        Display.destroy();
    }
 9.      Setelah kita masukan source kode di atas, maka tanda Kuning sebelum nya akan hilang.
10.  Kita masukan lagi source kodenya didalam public static void main(String[] args)seperti dibawah ini.

Bebas displayExample = new Bebas();
displayExample.start();
 11.   Setelah itu, kita Run lalu akan muncul Output-nya seperti ini.



 12.   Untuk memperbaiki tersebut, Kita pilih “Klik  kanan pada Nama Project Bebas-> Properties” maka akan muncul seperti ini.

13.   Kita pilih Run dimenu itu kemudian ketikan“-Djava.library.path=”pada VM Optian, lalu akan muncul seperti ini.

14.   Kemudian, kita Buka Windows Explorer lalu buka Folder LWJGL yang kalian simpan (Saya di Local Disk C:) Kemudian pilih “lwjg2.9.1 -> native -> windows” lalu kita copy-kan URL/Linknya.


15.   Kemudian Paste pada VM Options yang ada di Run, Setelah itu OK dan coba di Run

16.   Maka akan muncul seperti ini.

17.   Setelah itu kita buat resplangnya dengan ketikan source kode dibawah ini.

GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*RESPLANG*/
                GL11.glColor3f(0,1,1);
                GL11.glVertex2i(50,160);
                        GL11.glVertex2i(50,155);
                GL11.glVertex2i(300,155);
                GL11.glVertex2i(300,160);
                GL11.glVertex2i(50,160); 
                GL11.glEnd();

Maka akan muncul seperti ini.

18.   Untuk Membuat atapnya kita ketikan source kode dibawah ini.

GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*ATAP*/
                GL11.glColor3f(1,0,0);
                        GL11.glVertex2i(175,230);
                GL11.glVertex2i(50,160);
                GL11.glVertex2i(300,160);
                GL11.glVertex2i(175,230);
                GL11.glEnd();

Maka akan muncul seperti ini.


19.   Untuk Membuat Pintu dan Jendelanya kita ketikan seperti di bawah

GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PINTU*/
                GL11.glColor3f(0,0,1);
                GL11.glVertex2i(160,100);
                        GL11.glVertex2i(160,50);
                GL11.glVertex2i(190,50);
                GL11.glVertex2i(190,100);
                GL11.glVertex2i(160,100);
                GL11.glEnd();

            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*JENDELA 1*/
                GL11.glColor3f(0,0,1);
                        GL11.glVertex2i(130,100);
                GL11.glVertex2i(130,60);
                GL11.glVertex2i(150,60);
                GL11.glVertex2i(150,100);
                GL11.glVertex2i(130,100);
                GL11.glEnd();

            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*JENDELA 2*/
                GL11.glColor3f(0,0,1);
                GL11.glVertex2i(200,100);
                        GL11.glVertex2i(200,60);
                GL11.glVertex2i(220,60);
                GL11.glVertex2i(220,100);
                GL11.glVertex2i(200,100);
                    GL11.glEnd();

Maka akan muncul seperti ini.

20.   Untuk menambahkan Pagar kita masukan sourcenya seperti di bawah ini.

GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(30,40);
                GL11.glVertex2i(30,0);
                  GL11.glVertex2i(40,0);
                GL11.glVertex2i(40,40);
                GL11.glVertex2i(30,40);
                  GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 2*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(140,40);
                GL11.glVertex2i(140,0);
                GL11.glVertex2i(150,0);
                  GL11.glVertex2i(150,40);
                GL11.glVertex2i(140,40);
                  GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(40,10);
                GL11.glVertex2i(140,10);
                GL11.glVertex2i(140,15);
                  GL11.glVertex2i(40,15);
                  GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 2*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(40,25);
                GL11.glVertex2i(140,25);
                GL11.glVertex2i(140,25);
                        GL11.glVertex2i(140,30);
                GL11.glVertex2i(40,30);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 3*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(200,40);
                GL11.glVertex2i(200,0);
                GL11.glVertex2i(210,0);
                GL11.glVertex2i(210,40);
                        GL11.glVertex2i(200,40);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*TIANG 4*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(311,40);
                GL11.glVertex2i(311,0);
                GL11.glVertex2i(320,0);
                GL11.glVertex2i(320,40);
                        GL11.glVertex2i(311,40);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 3*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(211,10);
                GL11.glVertex2i(311,10);
                GL11.glVertex2i(311,15);
                        GL11.glVertex2i(211,15);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*PAGAR 4*/
                GL11.glColor3f(1,1,1);
                GL11.glVertex2i(211,25);
                GL11.glVertex2i(311,25);
                GL11.glVertex2i(311,30);
                        GL11.glVertex2i(211,30);
                    GL11.glEnd();

Maka akan muncul seperti ini.

21.   Untuk Menambahkan hiasan bunga, kita tambahkan source kodenya dibawah ini.

GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*CARPOT*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(155,50);
                GL11.glVertex2i(155,-10);
                GL11.glVertex2i(195,-10);
                GL11.glVertex2i(195,50);
                        GL11.glVertex2i(150,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*LANTAI*/
                GL11.glColor3f(0,1,1);
                GL11.glVertex2i(160,50);
                GL11.glVertex2i(160,45);
                GL11.glVertex2i(190,45);
                GL11.glVertex2i(190,50);
                GL11.glVertex2i(160,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*POT*/
                GL11.glColor3f(0,1,1);
                GL11.glVertex2i(280,40);
                GL11.glVertex2i(285,40);
                GL11.glVertex2i(290,50);
                GL11.glVertex2i(275,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(282,50);
                GL11.glVertex2i(284,50);
                GL11.glVertex2i(284,90);
                GL11.glVertex2i(282,90);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA 2*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(284,50);
                GL11.glVertex2i(298,80);
                GL11.glVertex2i(300,80);
                GL11.glVertex2i(286,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA 3*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(282,50);
                GL11.glVertex2i(267,80);
                GL11.glVertex2i(265,80);
                GL11.glVertex2i(280,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*POT 2*/
                GL11.glColor3f(0,1,1);
                GL11.glVertex2i(65,40);
                GL11.glVertex2i(70,40);
                GL11.glVertex2i(75,50);
                GL11.glVertex2i(60,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA 4*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(69,50);
                GL11.glVertex2i(69,90);
                GL11.glVertex2i(67,90);
                GL11.glVertex2i(67,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA 5*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(69,50);
                GL11.glVertex2i(84,80);
                GL11.glVertex2i(86,80);
                GL11.glVertex2i(71,50);
                    GL11.glEnd();
            GL11.glBegin(GL11.GL_POLYGON); /*BUNGA 6*/
                GL11.glColor3f(0,1,0);
                GL11.glVertex2i(67,50);
                GL11.glVertex2i(52,80);
                GL11.glVertex2i(50,80);
                GL11.glVertex2i(65,50);

Maka akan muncul seperti di bawah ini.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mobil dengan Opengl